FIKRI IMANI KAMIL

Sejarah Suhu (Celcius, Fahrenheit, Kelvin Dan Reamur)

Tuesday, 30 July 20132komentar

Sejarah Suhu (Celcius, Fahrenheit, Kelvin Dan Reamur)


Berikut ini adalah biodata dari para penemu  suhu (Celcius, Fahrenheit, Reamur & Kelvin)

1. Biodata Anders Celcius

Anders Celsius
http://sekitarduniaunik.blogspot.com
Anders Celsius
Lahir27 November 1701
Uppsala, Swedia
Meninggal25 April 1744 (umur 42)Uppsala, Swedia
Tempat tinggalSwedia
KebangsaanSwedia
BidangAstronomi, Sains
Alma materUniversitas Uppsala
Dikenal atasCelsius
Tanda tanganhttp://sekitarduniaunik.blogspot.com

Anders Celsius (lahir di Uppsala, Swedia, 27 November 1701 – meninggal di Uppsala, Swedia, 25 April 1744 pada umur 42 tahun) adalah seorang astronom Swedia.
Celsius lahir di Ovanåker di Swedia. Dia adalah seorang profesor astronomi pada Universitas Uppsala dari 1730 hingga 1744, namun melakukan perjalanan dari 1732 hingga 1735 mengunjungi observatorium terkenal di Jerman, Italia dan Perancis.

Pada tahun 1733, di Nuremberg dia menerbitkan sebuah koleksi 316 pengamatan aurora borealis yang dibuatnya dan orang lain selama tahun 1716-1732.
Di Paris dia mengagas pengukuran busar meridian di Lapland, dan pada 1736 dia mengikuti ekspedisi yang dilaksanakan untuk tujuan tersebut oleh Akademi Sains Perancis.
Celsius adalah salah satu pendiri Observatorium Astronomi Uppsala pada 1741. Namanya paling dikenal sebagai pengusul skala Celsius pada tahun 1742.
Dia meninggal karena penyakit tuberkulosis di Uppsala.

 

2. Biodata Fahrenheit

Daniel Gabriel Fahrenheit
http://sekitarduniaunik.blogspot.com
Lahir24 May 1686 Danzig (Gdańsk), Polish-Lithuanian Commonwealth
Meninggal16 September 1736 (aged 50)The Hague, Netherlands
KebangsaanGerman
BidangPhysics, thermometry
Dikenal AtasFahrenheit temperature scale,


Fahrenheit hydrometer, First mercury thermometer
Signaturehttp://sekitarduniaunik.blogspot.com

http://sekitarduniaunik.blogspot.com 
Tempat Kelahiran Fahrenheit
Daniel Gabriel Fahrenheit (24 Mei 1686 - 16 September 1736) adalah seorang Belanda-Jerman-Polandia, merupakan seorang fisikawan, insinyur, dan kaca blower yang paling dikenal atas penemuan termometer merkuri (1714), dan untuk mengembangkan suhu Skala sekarang bernama setelah dia.
Fahrenheit lahir pada tahun 1686 di Danzig (Gdańsk), Polandia-Lithuania Commonwealth, namun  sebagian besar hidupnya menetap di Republik Belanda. Para Fahrenheits adalah seorang pedagang keluarga Hanse Jerman yang pernah tinggal di kota Hanseatic.
Kakek buyut Fahrenheit telah tinggal di Rostock, dan penelitian menunjukkan bahwa keluarga Fahrenheit berasal Hildesheim. Kakek Daniel pindah dari Kneiphof di Königsberg (Kaliningrad) ke Danzig dan menetap di sana sebagai pedagang pada tahun1650. Putranya, Daniel Fahrenheit (ayah dari subyek artikel ini), menikah dengan Concordia Schumann, putri dari keluarga bisnis terkenal Danzig. Daniel adalah sulung dari lima bersaudara (dua putra, tiga putri) yang selamat di masa kanak-kanak. Kakaknya, Virginia Elizabeth Fahrenheit, menikah dengan Benjamin Efraim Krueger dari keluarga aristokrat dari Danzig.
Daniel Gabriel mulai pelatihan sebagai pedagang di Amsterdam setelah orangtuanya meninggal pada tanggal 14 Agustus 1701 akibat makan jamur beracun. Namun demikian, Fahrenheit dengan ilmu alam membawanya untuk memulai studi dan eksperimen dalam bidang itu. Dari tahun 1717, ia melakukan perjalanan ke Berlin, Halle, Leipzig, Dresden, Kopenhagen, dan juga ke kampung halamannya, di mana saudaranya masih hidup. Selama waktu itu, Fahrenheit bertemu atau melakukan kontak dengan Ole Rømer, Christian Wolff, dan Gottfried Leibniz. Pada tahun 1717, Fahrenheit menetap di Den Haag sebagai tukang kaca blower, membuat barometer, altimeter, dan termometer. Dari tahun 1718 dan seterusnya, dia mengajar kimia di Amsterdam. Ia mengunjungi Inggris pada tahun 1724 dan di tahun yang sama pula, dia terpilih sebagai Fellow dari Royal Society. Fahrenheit meninggal di Den Haag dan dikuburkan di Kloosterkerk (Gereja Cloister).Pada tahun 2012, para ilmuwan membuat gambar komputer wajahnya menggunakan foto-foto keluarganya. Menurut kepada 1724 pasal Fahrenheit,  ia ditentukan skalanya dengan mengacu pada tiga poin tetap temperatur. Suhu terendah yang bisa dicapai dengan menyiapkan campuran frigorific es, air, dan amonium klorida (garam), dan menunggu untuk itu untuk mencapai keseimbangan. Termometer kemudian ditempatkan ke dalam campuran dan cairan dalam termometer diizinkan untuk turun ke titik terendah. Membaca termometer ditetapkan sebagai 0 ° F. Titik referensi kedua terpilih sebagai pembacaan termometer ketika ditempatkan di air ketika es hanya membentuk di permukaan. Hal ini ditugaskan sebagai 32 ° F. Titik kalibrasi ketiga, diambil sebagai 96 ° F, terpilih sebagai bacaan termometer ketika instrumen ditempatkan di bawah lengan atau di mulut.Fahrenheit datang dengan gagasan bahwa merkuri mendidih sekitar 600 derajat pada skala suhu. Bekerja dengan orang lain menunjukkan bahwa air mendidih sekitar 180 derajat di atas titik beku. Skala Fahrenheit kemudian didefinisikan kembali untuk membuat interval beku mendidih tepatnya 180 derajat, nilai nyaman seperti 180 adalah angka yang sangat komposit, yang berarti bahwa itu adalah merata dibagi menjadi pecahan banyak. Hal ini karena dari redefinisi skala yang suhu tubuh normal saat diambil sebagai derajat 98,6, sedangkan itu 96 derajat pada skala asli Fahrenheit.
Sampai beralih ke skala Celcius, skala Fahrenheit secara luas digunakan di Eropa. Hal ini masih digunakan untuk pengukuran suhu sehari-hari oleh masyarakat umum di Amerika Serikat dan Belize dan juga di Inggris dan Kanada.
3. Biodata Kelvin
            William Thomson
http://sekitarduniaunik.blogspot.com
          

Lord Kelvin adalah seorang fisikawan dan matematikawan Britania (1824-1907). Lahir dengan nama William Thomson di Belfast. Kelvin adalah orang pertama yang mengusulkan skala mutlak dari suhu.
Studinya terhadap teori Carnot menuntunnya ke ide bahwa kalor tidak pernah berpindah secara spontan dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi, teori ini dikenal sebagai hukum kedua termodinamika.


Skala Kelvin (simbol: K) adalah skala suhu di mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin adalah kelvin (lambang K), dan merupakan salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta: nol kelvin adalah nol absolut (ketika gerakan molekuler berhenti, dalam termodinamika), dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamik triple point air (0,01 °C). Skala suhu Celsius kini didefinisikan berdasarkan kelvin.
Kelvin dinamakan berdasarkan seorang fisikawan dan insinyur Inggris, William Thomson, 1st Baron Kelvin (1824–1907). Tidak seperti derajat Fahrenheit dan derajat Celsius, kelvin tidak berarti atau ditulis sebagai derajat.
Perkataan kelvin sebagai unit SI ditulis dengan huruf kecil k (kecuali pada awal kalimat), dan tidak pernah diikuti dengan kata derajat, atau simbol °, berbeda dengan Fahrenheit dan Celsius. Ini karena kedua skala yang disebut terakhir adalah skala ukuran sementara kelvin adalah unit ukuran. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 (di Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran (CGPM) ke-10, Resolusi 3, CR 79), namanya adalah "derajat kelvin" dan ditulis °K; kata "derajat" dibuang pada 1967 (CPGM ke-13, Resolusi 3, CR 104).
Perhatikan bahwa simbol unit kelvin selalu menggunakan huruf besar K dan tidak pernah dimiringkan. Tidak seperti skala suhu yang menggunakan simbol derajat, selalu ada spasi di antara angka dan huruf K-nya, sama seperti unit SI lainnya.

4. Biodata Reamur
René Antoine Ferchault de Réaumur
http://sekitarduniaunik.blogspot.com
Lahir28 Februari 1683
La Rochelle, Perancis
Meninggal17 Oktober 1757
Saint-Julien-du-Terroux, Perancis
Tempat tinggalPerancis
KebangsaanPerancis
BidangEntomologi
Dikenal atasSkala Réaumur

René Antoine Ferchault de Réaumur (pengucapan bahasa Perancis: [ʁe.o.myːʁ], 28 Februari 1683 La Rochelle – 17 Oktober 1757 Saint-Julien-du-Terroux) adalah ilmuwan Perancis yang memiliki kontribusi di berbagai bidang, khususnya bidang entomologi. Ia adalah ilmuwan yang memperkenalkan skala suhu Réaumur.

Hasil karya pilihan
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1734–1742. Mémoires pour servir à l’histoire des insectes. Six volumes. Académie Royale des Sciences, Paris, Perancis.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1749. Art de faire éclorre et d’élever en tout saison des oiseaux Domestiques de toutes espèces. Dua volume. Imprimerie royale, Paris, Perancis.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1750. The art of hatching and bringing up domestic fowls. London, UK.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1800. Short history of bees I. The natural history of bees . . . Printed for Vernor and Hood in the Poultry, by J. Cundee, London, UK.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1926. The natural history of ants, from an unpublished manuscript. W. M. Wheeler, editor and translator. [Includes French text.] Knopf, New York, New York, USA. Reprinted 1977. Arno Press, New York, New York, USA.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1939. Morceaux choisis. Jean Torlais, editor. Gallimard, Paris, France.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1955. Histoire des scarabées. M. Caullery, introduction. Volume 11 of Encyclopédie Entomologique. Paul Lechevalier, Paris, France.
  • Réaumur, R.-A. F. de. 1956. Memoirs on steel and iron. A. G. Sisco, translator. C. S. Smith, introduction and notes. University of Chicago Press, Chicago, Illinois, USA.
DOWNLOAD juga artikel dibawah :
Sejarah Lengkap.doc

sumber : wikipedia
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

3 December 2013 at 22:40

Makasih gan udah share blognya ..........................




bisnistiket.co.id

29 December 2013 at 17:51

@ivan verys
iya gan sama sama :)

Post a Comment

Support : Media Info Teknologi | Blogs Fikri | Google | Bing | Yahoo
Copyright © 2013. Media Info Teknologi - All Rights Reserved
Template Created by Fikri Imani Kamil Modify by Blognya Berbagi ilmu
Proudly powered by Blogger